Manfaat Tumbuhan Bagi Kesehatan

Beberapa jenis tumbuhan dapat dimanfaatkan sebagai obat baik dicampur dengan bahan kimia maupun dikonsumsi secara herbal. Namun saat ini sudah banyak orang yang lebih memilih menggunakan tanaman sebagai obat herbal karena lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping. Beberapa bagian dari tumbuhan yang bisa digunakan sebagai obat, diantaranya adalah :
  • Akar – ada banyak obat tradisional herbal yang digunakan dari akar misalnya saja manfaat jahe, manfaat temulawak, manfaat kunyit, manfaat kencur dan lainnya.
  • Daun – jumlah daun yang bisa digunakan sebagai obat herbal pun sangat banyak diantaranya seperti manfaat daun pepaya, manfaat daun salam, manfaat daun sirihserta manfaat daun jambu biji.
  • Batang – bagian batang juga bisa digunakan sebagai obat herbal diantaranya seperti batang pohon pulasari, manfaat kayu manis dan dadap sari.
  • Bunga – selain bisa digunakan sebagai hiasan rumah. bunga juga bisa digunakan menjadi obat diantaranya adalah bunga pacar air, bunga kaca piring, manfaat bunga melati, manfaat bunga sepatu, bunga jengger ayam dan bunga kenop.
  • Biji – bukan hanya dari bagian-bagian yang telah disebutkan di atas yang bisa menjadi obat. Namun biji dari tumbuhan juga bisa digunakan sebagai obat diantaranya seperti biji pala, biji kemiri, biji pinang, biji jarak dan lainnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Tumbuhan Sebagai Bahan Pakaian

Manfaat Pohon Jarak

Manfaat Keji Beling