Manfaat Tumbuhan Sebagai Bahan Pakaian

Tahukah anda bahwa pakaian yang selama ini kita pakai adalah hasil dari tumbuhan? Ya, tumbuhan memang bisa menghasilkan bahan baku kain yaitu benang. Setidaknya terdapat beberapa jenis tumbuhan yang bisa dimanfaatkan untuk menjadikan sebagai kain diantaranya adalah :
  • Kapas – menghasilkan serat kapas yang lebih dikenal sebagai katun. Kain katun ini sangat banyak digunakan oleh orang. Bahkan mungkin menjadi yang paling disukai karena kain katun ini ketika musim dingin bisa menghangatkan sedangkan ketika musim panas bisa membantu menyerap keringat. (Baca juga : manfaat serat kapas)
  • Rami – merupakan tumbuhan yang menghasilkan kain linen. Kain linen merupakan kain yang memiliki tekstur agak kasar dan tebal sangat cocok untuk digunakan membuat handuk, kain pel, baju hangat dan lainnya. namun kain jenis ini sangat mudah mengkerut.
  • Pisang abaka – jenis tumbuhan pisang ini memiliki buah yang tidak enak di makan karena rasanya yang terlalu sepat. Namun serat dari batang pohon pisang abaka ini mampu menghasikan serat kain yang kuat dan tahan lama. Saat ini sudah ada berbagai daerah yang menghasilkan jenis kain ini diantaranya seperti beberapa daerah di Sulawesi. (Baca juga : manfaat pisang ambon – manfaat pisang bagi kesehatan)

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Pohon Jarak

Manfaat Keji Beling