Manfaat Tumbuhan Sebagai Bahan Baku Industri

Saat ini juga banya produk industri yang menggunakan bahan baku dari tumbuhan, diantaranya adalah berikut ini :
  • Tanaman karet – karet bisa digunakan menjadi bahan baku industri pembuat ban yang diambil dari bahan lateks. Lateks merupakan getah yang dihasilkan dari manfaat pohon karet, yang diambil dengan cara menyayat pohon hingga keluar getahnya.
  • Getah pinus – bukan hanya getah dari tanaman karet saja lho yang bisa digunakan sebagai bahan industri namun juga getah pinus. Getah pinus ini bisa dimanfaatkan sebagai pelunak plester dan beberapa campuran untuk pembuat perban, lem bulu mata, perona wajah, tinta dan cat serta produk lainnya.
  • Kelapa sawit – manfaat kelapa sawit bisa digunakan untuk membuat minyak sayur dari kelapa sawit. Industri ini sangat besar dan sudah menjadi industri nasional.
  • Kopi – kopi merupakan minuman yang dibuat dari ekstrak biji kopi yang telah diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan minuman yang sangat khas.
  • Teh – saudara dari kopi ini juga menjadi salah satu industri yang sangat strategis dalam industri.
Demikian informasi mengenai manfaat tumbuhan bagi hewan, manusia dan lingkungan hidup lainnya sangat penting keberadaannya. Oleh karena itu kita sebagai manusia jangan sampai merusak tumbuhan demi kenyamanan dan kemanan kita sendiri. Tanpa adanya tumbuhan akan terjadi berbagai bencana di muka bumi ini karena salah satu manfaat dari tumbuhan adalah untuk menyerap air di dalam tanah sehingga menjadikan tanah lebih kuat.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Tumbuhan Sebagai Bahan Pakaian

Manfaat Pohon Jarak

Manfaat Keji Beling